Senin, 10 Juni 2013

Ujung Panorama Indah di Ujung Genteng

Bagi warga ibukota, Ujung Genteng di Jawa Barat adalah tempat sempurna untuk berakhir pekan. Ada hamparan pantai pasir putih, lautan biru, hingga penyu-penyu lucu di sana. Traveling ke Ujung Genteng sangatlah menyenangkan.

Hiruk pikuk jalanan ibukota atau tumpukan pekerjaan yang tak ada habisnya, membuat Anda harus melakukan traveling untuk kembali bergairah. Ujung Genteng adalah tempatnya. Suasana khas pantai seperti lambaian
angin pantai dan ombak yang berderu, menanti Anda di sana.

Ujung Genteng terletak di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Letaknya cukup jauh dari Jakarta, sekitar 8-9 jam perjalanan dengan mobil. Perjalanan dapat ditempuh dengan mobil pribadi atau kendaraan umum. Dari Bogor, sudah ada bus yang akan mengantarkan Anda ke Pelabuhan Ratu lalu disambung kendaraan lain ke Ujung Genteng. Meski jauh dan melelahkan, keindahan Ujung Genteng akan membayarnya.


Terdapat banyak tempat menarik disini, seperti melihat langsung penyu hijau di pantai Pangumbahan. Anda juga dapat berselancar di atas ombak yang cukup menantang yang terkenal dengan sebutan ” Ombak Tujuh”. Lokasi ini merupakan kawasan favorit bagi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara untuk olahraga selancar. Sebutan ombak tujuh menurut penduduk karena ombaknya selalu berurutan tujuh ombak dan selalu besar-besar. Untuk yang suka memancing, di Ujung Genteng merupakan tempat yang cocok di mana ikannya cukup banyak dan bervariasi.
Di daerah Ujung Genteng sendiri terdapat banyak tempat menarik, seperti melihat langsung penyu hijau (Chelonia Mydas) di pantai Pangumbahan.



Daya tarik lain nya di sekitar daerah ujung genteng adalah curug (air terjun). Curug cikaso , disini terdapat 3 air terjun, untuk mencapainya kita perlu naik perahu sekitar 3 menit atau pengunjung dapat berjalan kaki sebentar. View yang diperlihatkan ai terjun tersebut sangat indah dan dapat membuat para pengunjung tak ingin meninggalkan tempat itu. Dapat kita lihat 3 air terjun yang berbeda hanya dengan satu kali pandan, sungguh pemandangan yang luar biasa.



Disamping objek wisata alam, Ujunggenteng juga memiliki objek wisata dalam bentuk proses pembuatan gula kelapa oleh masyarakat setempat. Pembuatannya sederhana sekali yakni dengan memanfaatkan perkebunan kelapa luas, para penduduk memasang bokor untuk menampung cairan dari kembang kelapa lalu di kumpulkan dan dimasak dikuali lalu dicetak dengan potongan bambu yang ukurannya lebih besar dari ukuran gula kelapa yang ada di pasaran.
Setibanya di Ujung Genteng, pasir putih yang halus akan menyambut kedatangan Anda. Suara ombak akan menjadi alunan musik selamat datang dan batu-batu karangnya seolah pelengkap suasana pantai yang sempurna. Saat melihat pantainya, dijamin Anda akan jatuh cinta.




Ada banyak penginapan di sekitar pantainya untuk tempat bermalam Anda. Harganya pun berkisar antara Rp 100.000-400.000, salah satu penginapan favorit para traveler dan backpacker adalah Mama Losmen. Penginapannya terletak persis di pinggir pantai dan harganya sangat murah, yaitu Rp 125.000 saja per malamnya.

Di depan penginapan

Saat pagi hari, bagian Ujung Genteng yang lain memiliki sunrise cantik yang akan membangunkan Anda. Cahayanya yang berwarna kuning keemasan sungguh memesona. Ambil kamera dan rekamlah pemandangan matahari terbitnya.

Tak perlu menunggu, langkahkan kaki Anda untuk bermain air di tepian pantainya. Dengan panjang garis pantai sekitar 16 km, Anda akan puas bersantai di pantainya yang cantik. Tunggulah saat senja, matahari yang berwarna emas kekuningan akan menutup hari Anda dengan ceria.


sunset

Bagi para peselancar, Ujung Genteng punya ombak yang akan memuaskan para pecinta surfing. Jika masih pemula, bermainlah saat pagi hari. Sedangkan jika sudah cukup jago, bisa memburu ombak mulai dari siang hingga sore. Ombak besar dan panjang jadi tantangan yang seru di sini. Namun hati-hati, karena banyak karang di dasarnya.
Cara menuju ke ujung genteng :
Ujung genteng berlokasi di Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi dengan jarak tempuh sekitar 220 KM dari Jakarta atau 23 0 Km dari Kota Bandung. Waktu yang tempuhnya sekitar 6-7 jam perjalanan bermobil.
Rute jika anda backpacker
Jakarta – Bogor – Sukabumi – Lembur Situ – Surade – Ujung Genteng
• Jakarta – Bogor Rp 8.000,-
• Bogor – Sukabumi (elf) Rp 10.000,-
• Sukabumi – Lembur situ Rp 3.000,-
• Lembur Situ – Surade Rp 15.000,- sampai dengan Rp 20.000,-
• Surade – Ujung Genteng Rp 10.000,- per orang
Perjalanan bisa mencapai 12 jam. (karena waktu transit yang lama)
Rute Jika naik transportasi sendiri
Rute 1 Jakarta – Ciawi – Cicurug – Cibadak = 2,5 jam… Kemudian.. Cibadak – Pelabuhan Ratu – Cikembar – Jampang kulon – Surade – Ujung Genteng total perjalanan kurang lebih 8,5 jam
Rute 2. Jakarta – Ciawi – Cicurug – Cibadak – Sukabumi – Jampang Tengah – Jampang Kulon – Surade -Ujung Genteng kurang lebih 7 jam

Selamat berlibur ya sahabat Backpacker

1 komentar:

  1. makasih for your sharing , i've been there and really it's a beautiful beach.

    BalasHapus