Kamis, 13 Juni 2013

Daftar Barang yang Wajib dibawa saat Bertualang di alam bebas


Sebelum melakukan kegiatan bertualang / backpacker ada baiknya kita mengetahui barang apa saja yang kita wajib bawa. Berikut adalah beberapa daftar barang yang menurut saya wajib
dibawa.

1. Carrier / Tas Ransel

Untuk kegiatan perjalanan atau petualangan seperti mendaki gunung, banyak yang memilih tas carrier di bandingkan tas - tas lain, karena alasan kemudahan dan praktis. Tentu ini juga berlaku bagi Anda yang sering mendaki gunung, tas keril menjadi tas yang wajib dibawa karena mampu menampung banyak barang.

Demi kenyamanan saat berkegiatan petualangan, jangan salah memilih carrier sewaktu membeli. Pada saat membeli carrier, Anda bisa mencobanya dan rasakan sendiri kenyamanan dengan tubuh Anda. Karena yang terpenting adalah nyaman saat dipakai. Selain itu, cari cangklongan tas yang tebal, karena jika cangklongan tipis beban akan terasa lebih berat dan sakit.

 




 2. Sepatu / Sendal


Kaki bagi pendaki gunung adalah bagian yang paling penting untuk dijaga, agar perjalanan pendakian bisa dilewati dengan nyaman. Dewasa ini banyak para pendaki gunung di Indonesia mengenakan sandal saat mendaki gunung, padahal ini sangat berbahaya karena tidak melindungi kaki. Ada beberapa resiko kecelakaan yang menimpa para pendaki yang mengenakan sandal untuk mendaki seperti:
• Kuku jari atau jempol kaki yang terkelupas terantuk batu
• Jari kaki patah karena kejepit akar atau sela batu
• Luka karena batu atau akar pohon
• Keseleo pada persendian kaki, dan lainnya

Ada beragam alas an para pendaki gunung saat ditanya kenapa meggunakan sandal, yang terbanyak adalah karena pakai sepatu gunung suka lecet, sebenarnya hal itu tidaklah sepenuhnya benar, jika kita memilih sepatu boots hiking dengan benar maka lecet dan hal yang tidak mengenakan tersebut bisa di hindari.

3. Medical kit

Tidak ada salahnya membawa sedikit obat-obatan, balsem, antimo, minyak angin maupun handyplast di koper anda untuk berjaga jaga. Jika anda pengidap sakit maag, bawa beberapa obat dalam tas kecil kemana pun anda pergi. Lebih baik mencegah dari pada mengobati tentunya. Minumlah juga beberapa vitamin dan suplemen agar tetap fit.











4. Botol Air Minum

Tidak peduli apakah itu botol air mineral ataupun botol air minum yang anda bawa dari rumah, ini adalah item yang WAJIB banget untuk dibawa. Asupan air minum yang sehat dan cukup sangat dibutuhkan tubuh agar tetap fit dan tidak dehidrasi. Jika anda melancong ke negara dimana air minum dapat diminum langsung dari kran (tap water) contohnya Australia, maka manfaatkan hal ini.
Anda dapat membeli botol air mineral dan kemudian mengisinya di kamar mandi, taman atau dimana saja. Air minum ini terjamin kebersihannya. Keuntungan membawa sendiri botol air minum adalah karena di beberapa daerah wisata di dalamnya tidak menjual air minum. Selain itu, harga air mineral di negara lain sama atau malah lebih mahal dari minuman lainnya. Contohnya di Singapura harga air minum mineral ukuran kecil harganya S$1 sama dengan 1 kaleng minuman soft drink. Mendingan beli soft drink donk! Bagaimana kalau di Indonesia? Carilah warung atau hotel tempat yang menginap yang mengizinkan anda refill air minum.

5. Jaket
Jaket outdoor atau yang lebih kita kenal dengan sebutan jaket gunung sekarang ini memiliki model, desain, dan bahan yang beragam. Merk lokal dan luar pun semakin meramaikan pasar. Sebelum membeli, ada baiknya Anda memiliki pengetahuan mengenai alat ini.
Beraktivitas di alam bebas mengundang bahaya, karena itu, Anda harus mempersiapkan alat yang tepat dan mumpuni. Jangan sampai karena cuma mengejar “gaya”, tetapi pakaian Anda menjadi percuma karena tidak mampu melindungi Anda selama berpetualang.

6. Senter

Senter sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk aktifitas luar ruangan (outdoor) berikut adalah beberapa tips dalam memilih senter. Pemilihan senter yang tepat akan membuatnya lebih efektif, tepat guna dan juga efisien.

Tips Memilih Senter Outdoor

  • Tujuan Penggunaan, Temukan tujuan anda, apakah anda butuh untuk berburu, camping, penerangan biasa, atau untuk selam dengan menemukan tujuan anda dapat mencari yang senter yang juga sesuai dengan kebutuhan anda
  • Fungsi dan fitur senter, Dari tujuan diatas carilah fungsi yang sesuai dengan kebutuhan, apakah anda butuh cahaya kuning untuk dikabut (seperti senter police c8) , atau cahaya putih terang sebagai senter tembak (seperti senter police cree, T6 dan sebagainya)
  • Bahan senter, senter memiliki bahan plastik, alumunium dan beberapa rangka besi, bahan dasar menentukan ukuran, berat, dan juga ketahanannya
  • Design senter, untuk beberapa orang, design adalah hal yang penting karena dapat menentukan pribadi orang tersebut, pilihlah desain yang praktis dan sesuai dengan tujuan awal
  • Biaya, anda juga harus memperhitungkan biayanya
Demikian Tips memilih senter, semoga anda menemukan senter yang tepat untuk anda

7. Tenda

Dalam kegiatan luar ruangan seperti petualangan di alam bebas, tenda dome atau tenda outdoor sangat diperlukan untuk melindungi kita dari hujan, angin, lembab, dingin, panas, dll. Dan pada dewasa ini, aneka model tenda dome banyak beredar di pasaran dengan harga yang beragam.









8 . Sleeping Bag

Dewasa ini, banyak orang mememilih jalan-jalan ala backpacker ketimbang menggunakan jasa agen travel. Ya, selain lebih murah, backpacker juga memberikan pengalamnan yang tidak terduga.
Tidak sedikit pula para backpacker yang memilih tidak menginap di hotel melainkan di outdoor yang menyatu dengan alam, karena itu mereka menggunakan kantung tidur atau yang biasa dikenal dengan istilah sleeping bag untuk beristirahat.













9. Handphone Outdoor

Handphone outdoor merupakan pilihan hp untuk yang senang berpetualang seperti anak-anak pecinta gunung dan untuk yang aktifitas pekerjaannya sering berada diluar ruangan (luar kantor). Selain itu hp yang kuat ini juga rata-rata tahan terhadap air dan hp tahan banting/guncangan, tangguh disegala cuaca dan mampu diajak beraktifitas disegala medan. Biasanya di dalam handphone outdoor sudah terdapat GPS.





10. Kompor

Kompor adalah salah satu barang penting yang harus ada dalam kegiatan petualangan seperti pendakian gunung. Kegunaan kompor adalah untuk memasak dan bahkan juga bisa di gunakan sebagai pemanas badan sementara.








Demikianlah daftar barang yang menurut saya wajib dibawa saat bertualang semoga bermanfaat. Dan bila ada barang yang menurut anda wajib dibawa dan tidak tertulis, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

sumber : dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar