Rabu, 29 Mei 2013

Sabang - Aceh - Indonesia




Kota Sabang adalah salah satu kota di AcehIndonesia. Kota ini berupa kepulauan di seberang utara pulau Sumatera, dengan Pulau Weh sebagai pulau terbesar. Kota Sabang merupakan zona ekonomi bebas Indonesia, ia sering disebut sebagai titik paling utara Indonesia, tepatnya di
 Pulau RondoDari segi geografis Indonesia, wilayah Kota Sabang berada pada 95°13'02"-95°22'36" BT, dan 05°46'28"-05°54'-28" LU, merupakan wilayah administratif paling utara, dan berbatasan langsung dengan negara tetangga yaitu MalaysiaThailand, dan India. Wilayah Kota Sabang dikelilingi oleh Selat Malaka di Utara, Samudera Hindia di Selatan, Selat Malaka di Timur dan Samudera Hindia di Barat. 
Terdapat beberapa pulau di Sabang, yaitu :
1.     Pulau Klah (0,186 km²)
2.     Pulau Rondo (0,650 km²)
3.     Pulau Rubiah (0,357 km²)
4.     Pulau Seulako (0,055 km²)
5.     Pulau Weh (121 km²)

Pulau Weh

Pembagian Wilayah Kecamatan di Kota Sabang
Di Pulau Weh terdapat sebuah danau air tawar bernama Danau Aneuk Laot.
Pulau Weh merupakan sebuah pulau vulkanik, sebuah pulau atol (pulau karang) yang proses terjadinya mengalami pengangkatan dari permukaan laut. Proses terjadinya dalam tiga tahapan, terbukti dari adanya tiga teras yang terletak pada ketinggian yang berbeda.
Umumnya Pulau Weh terdiri atas dua jenis batuan, yaitu tuf marina danbatuan intiTuf marina dijumpai hampir sepanjang pantai sampai pada ketinggian 40 sampai 50 meter. Lapisan tuf yang terlebar didapat di sekitar kota Sabang, di bagian pantai berlapis sempit. Batuan sempit adalah batuan vulkanik yang bersifat andesitik.
Berdasarkan wilayah, tampak bahwa wilayah barat Pulau Weh terdapat topografi paling berat. Mulai dari Sarong Kris sebagai puncak tertinggi di sebelah Timur, terdapat tiga barisan punggung yang berjolak menuju ke Barat Laut, sehingga lembah-lembah yang ada di antara punggung itu sempit.
Topografi di sebelah Timur terdapat sebuah pegunungan yang arahnya dari Utara ke Selatan yang memisahkan Pulau Weh Timur dengan bagian lainnya. Gunung Leumo Mate merupakan puncak yang tertinggi. Di bagian ini terdapat lapisan tuf marina yang lebih besar. Di antara bagian Barat dan Timur terdapat aliran dua buah sungai, yaitu Sungai Pria Laot dan Sungai Raya. Daerah ini merupakan sebuah slenkdari sebuah fleksun (patokan yang tidak sempurna).
Kondisi geologis wilayah ini terdiri dari 70% batuan vulkanis (andesite), 27% batuan sedimen (line stone dan sand stone), dan 3% endapan aluvial (recent deposit).

Sumber : Wikipedia Indonesia

Banyak tempat yang dapat diikunjungi di Sabang, diantaranya:

1. Pantai Iboih

Pantai Iboih merupakan pantai utama yang sering dikunjungi para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Terdapat hutan Wisata di dekat pantai Iboih ini, terletak bersebelahan dengan Taman Laut Rubiah, dengan luas sekitar 1300 hektar dan juga merupakan daerah terlindung. Hutan ini merupakan hutan hujan tropis yang masih tinggi kerapatannya tetapi selalu mengundang pengunjung untuk menikmati keindahan keasliannya. Hutan ini tempat bagi beragam binatang, banyak terdapat monyet, reptil kecil dan besar, dan burung beraneka warna termasuk burung dara Nicobar yang tidak terdapat di bagian lain Indonesia.

2. Taman Laut Pulau Rubiah

Taman laut pulau rubiah merupakan taman lau dipulau kecil dengan luas daratannya 0,357 km² yang terletak sekitar 23,5 km sebelah barat pusat kota Sabang dan bersebelahan dengan Pantai Iboh. Pemerintah Indonesia telah menentukan daerah perairan ini, 2600 hektar sekitar pulau Rubiah sebagai daerah special nature reserve. Terletak di teluk Sabang, dimana air disini relatif tenang dan sangat jernih. Laut disini diisi oleh bermacam trumbu karang dan ikan bermacam warna. Dapat ditemukan gigantic clamsangel fishschool of parrot fishlion fishsea fans, dan banyak lagi.
3. Gua Pantai

Terdapat gua-gua alami di pantai barat Pulau Weh yang terletak berseberangan dengan Hutan Wisata Iboih. Gua-gua ini menghadap ke samudra dan dihuni bermacam burung, kelelawar, dan ular. Menjelajahi tempat ini dengan menggunakan perahu harus didampingi oleh penduduk lokal karena lokasi yang cukup sulit dijangkau, dan berbahaya, terutama antara bulan Mei dan September saat musim angin Barat. Kondisi ini sangat menantang bagi pencinta gua.
4. Danau aneuk Laot

Dalam bahasa Aceh, Aneuk Laot ada Anak Laut. Lokasi danau ini terletak di tengah-tengah kota Sabang. Dengan panorama yang indah danau ini sanagat cocok untuk dinikmati pemandangannya, terlebih ketika senja tiba kita juga bisa menikmati sunset yang mempesona, dan jika malam tiba cahaya dari lampu-lampu dari atas bukit kota Sabang meneranginya. Danau ini merupakan sumber mata air bagi seluruh penduduk Pulau Weh.

5. Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga madalah pantai yang sangat indah. Terletak di Desa Ie Meulee, Pulau Weh. Pantai ini berpasir putih dengan panorama alam yang begitu indah. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara menyempatkan dirinya untuk mampir di pantai ini. Masyarakat sekitar juga menawarkan fasilitas yang memadai, sehingga wisatawan dapat lebih dimanjakan oleh alam dan warga sekitar.

6. Pantai Gapang

Pantai Gapang ini tidak kalah indahnya dengan pantai Iboh maupun pantai-pantai lain di Indonesia. Terletak berdekatan dengan pantai Iboh, pantai ini juga memiliki panorama yang indah. View pantai maupun bawah lautnya sangat mempesona terlebih dilengkapi dengan fasilitas yang memadai dari warga sekitar, seperti penginapan dan alat snorkeling. Disini juga terdapat sebuah sekolah menyelam yang dikelola oleh orang Belanda.

7. Pantai Kasih

Pantai kasih merupakan objek wisata pantai di kota sabang, hanya berjarak kurang lebih 2 Km dari pusat kota sabang. Ditempat ini terdapat area pusat wisata kuliner khas kota sabang. Pantai kasih memiliki pantai yang berbatu karang serta memiliki banyak pohon kelapa sepanjang pantainya. Sangat cocok sekali untuk berlibur dipantai ini sambil menikmati sebuah kelapa hijau yang segar.

8. Tugu Nol Kilometer

Sebuah monumen berupa Tugu Nol Kilometer. Tempat ini terletak di Taman Hutan Lindung sabang dan berjarak sekitar 40 Km arah barat pusat Kota Sabang. Ditempat ini juga kita akan dimanjakan dengan suasana alam yang indah dan panorama biru laut di kawasan tugu, terutama menjelang mata hari terbenam (sunset). Setiap orang yang datang ke sabah diwajibkan datang ke sini.
Selain tempat-tempat diatas, masih banyak tempat lain yang menarik untuk dikunjungi ketika kita datang ke Sabang, misalnya Anoe Itam, Pantai Tapak Gajah, Sabang Hill, Air Terjun Peria Laot, Puncak Sabang, Sumber Panas Bumi Jaboi, dan lain-lain.

Transportasi menuju Sabang:

Sabang telah memiliki bandara udara bernama Maimun Saleh, namun bandara ini hanya digunakan untuk kepentingan militer. Untuk mencapai pulau Sabang atau Pulau Weh anda dapat menyeberang melalui Pelabuhan Ulee Lheue (Aceh) menuju Pelabuhan Balohan (Sabang).
§  Tarif taxi Bandara Sultan Iskandar Muda Airport – Pelabuhan Ulee Lheue: Rp. 90,000
§  Tarif carter labi-labi dari terminal bus – Pelabuhan Ulee Lheue: Rp. 60,000. ngeteng dengan labi-labi atau becak motor sekitar Rp. 2,000 – Rp. 5,000.
§  Tarif taxi Pelabuhan Ulee Lheu – Bandara Sultan Iskandar Muda (jika ingin city tour, 1- 2 jam): Rp. 150.000 – Rp. 200.000,-
Tersedia 2 jenis kapal yaitu kapal cepat dengan jarak tempuh sekitar 45 menit dan kapal/ferry/roro dengan jarak tempuh 2 jam. Jika anda membawa kendaraan pribadi maka pilihan anda adalah kapal Ferry. Saat ini tersedia 1 kapal Ferry (Kapal KMP BRR) dan 2 (dua) kapal cepat yaitu Kapal Express Bahari dan Kapal Pulo Rondo. Jika anda menjadi salah satu penumpang Kapal Pesiar MV. Seabourn Pride saat ini kapal pesiar tersebut mengagendakan untuk transit di Sabang 5 kali dalam setahun Description: ;)
Jadwal Dari Pelabuhan Ulee Lhee, Banda Aceh:

KMP BRR: Senin, Selasa, Kamis, Jum’at (1 x sehari) Pukul: 14.00. WIB | Rabu, Sabtu, Minggu (2 x sehari) Pukul: 10.30. WIB dan Pukul 16.30 WIB



§  Kapal Cepat Pulo Rondo: Setiap hari Pukul: 09.30. WIB
§  Kapal Cepat Express Bahari: Setiap hari Pukul: 16.00. WIB

Jadwal Dari Pelabuhan Balohan Sabang:

§  Kapal lambat/roro – KMP BRR: Senin, Selasa, Kamis, Jum’at (1 x sehari) Pukul: 08.00. WIB Rabu, Sabtu, Minggu (2 x sehari) Pukul: 08.00. WIB dan Pukul 14.00 WIB
§  Kapal Cepat Pulo Rondo: Setiap hari Pukul: 16.00. WIB
§  Kapal Cepat Express Bahari: Setiap hari Pukul: 08.00. WIB

Tarif Kapal Aceh – Sabang | Sabang – Aceh:

§  Tarif Kapal Cepat Pulo Rondo : Ekonomi Dewasa Rp 60.000 | Bisnis Dewasa Rp 75.000  | VIP Dewasa Rp 85.000
§  Tarif Kapal Cepat Express Bahari : Ekonomi Dewasa Rp 55.000  | Eksekutif Dewasa Rp 65.000  | VIP Dewasa Rp 85.000
§  Tarif Kapal KMP BRR:  Ekonomi dewasa: Rp 11.500, anak-anak: Rp 18.500 | Bisnis dewasa : : Rp 27.500, anak-anak : Rp 20.500 | Eksekutif dewasa : Rp 36.500, anak-anak :Rp 26.500.
§  Tarif Kendaraan naik Kapal KMP BRR: Sepeda : Rp 8.500 | Sepeda Motor : Rp 21.000 | Sepeda Motor Roda Tiga : Rp 73.000 | Mobil : Rp 155.000
§  Khusus untuk roda empat harus lebih cepat tiba di pelabuhan sebab tempat terbatas dan berlaku sistem antrian.
§  Phone Kapal Bahari : 0812 6967 0643 | 0852 6058 0996
§  Phone Kapal Rondo : 0651 7409194

Transportasi di dalam kota Sabang:

Jika anda belum menyewa kendaraan maka anda diharuskan naik angkutan resmi dari Organda yaitu mobil L-300. Bisa di antar sampai kota Sabang dengan tarif Rp. 15.000 – Rp. 20.000 atau dengan harga nego untuk di antarkan sampai ke penginapan. Kisaran tarif per orang dari pelabuhan Balohan sampai pantai Sumur Tiga Rp. 25.000 – Rp. 30.000, Pelabuhan Balohan sampai pantai Gapang Rp.40.000 – RP. 45.000, Pelabuhan Balohan sampai Iboih Rp. 50.000.
Penyewaan Mobil dan Motor
§  Day 1: Pelabuhan Balohan – Iboih: Rp. 50.000,- per orang
§  Day 2: Keliling Sabang 1 hari: Rp. 400.000,- (mobil, bensin, sopir)
§  Day 3: Pantai Sumur Tiga – Pelabuhan Balohan: Rp. 50.000,- (mobil, bensin, sopir). 

§  Rental Motor: Rp.  60.000,- Rp. 100.000 (motor + bensin)
§  Sewa Boat Iboih-Pulau Rubiah Rp. 200.000,-
§  Sewa alat snorkling = 45.000,-
§  Rental Mobil Rp. 400.000,- (maksimal 8 jam)

Mari "HATAMKAN INDONESIA"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar